kiat menghadapi psikotest

Pernahkah anda mengalami kegagalan ketika tes memasuki dunia kerja? Pasti kebanyakan dari kita gagal ketika tes psikologi atau yang biasa disebut psikotest. Aku sendiri telah melakukan psikotest lebih dari 3 kali dalam bulan ini dan belum ada yang sukses, hehehe, maklum masih labil.

Penasaran kok gagal melulu, akhirnya aku cari penyebabnya melalui mbah “g**gle” dan menemukan beberapa situs yang menuliskan kiat kiat menghadapi psikotest. Berikut cuplikannya :

“Kegagalan dalam test untuk mendapatkan sebuah pekerjaan dipengaruhi oleh banyak faktor, bisa faktor dari dalam diri kandidat itu sendiri atau faktor dari luar. Tapi menurut saya faktor dari dalam lebih banyak mempengaruhi.” (www.ritaindrayani.blogspot.com)

“Psikotes pada dasarnya merupakan metode sistematis untuk mengungkap profil kompetensi calon karyawan secara cepat, lengkap, dan obyektif. Aspek kompetensi yang diukur dari psikotes antara lain meliputi aspek taraf kecerdasan, aspek emosional/ kepribadian, aspek sikap kerja, dan aspek perilaku kepemimpinan. (www.karir-up.com)

“Lewat psikotes dapat diketahui tingkat kecerdasan individu, motivasi kerja, bakat, keadaan emosional, hubungan dengan orang lain serta sikapnya dalam menghadapi suatu hal. Maka dari itu, saat menjalani psikotes kuncinya cuma satu just, be yourself! (www.conectique.com)

Setelah dibaca-baca, aku bisa menarik kesimpulan kenapa aku selalu gagal dalam menghadapi psikotest. Ternyata aku nggak mempunyai persiapan yang cukup, yah emang dasar mahasiswa, kalo’ nggak deadline ya nggak bakal keluar idenya, “hanya produktif disaat kritis” kata teman :D.

Belajar dari pengalaman yang sudah-sudah, dan sedikit tambahan dari referensi yang kubaca, berikut kisi-kisi untuk menghadapi psikotest, yah walaupun nggak menjamin 100% lulus, tapi bisa sedikit membantu bagi mereka yang mengalami “premature panic”, silakan dibaca :

  1. Istirahat yang cukup dan jangan begadangan sehari sebelum tes
  2. Alangkah baiknya sebelum memulai tes anda sarapan agar pada waktu mengerjakan soal perut nggak keroncongan, :D
  3. Datang kelokasi tes baiknya 30 menit sebelum dimulai, agar pikiran tetap tenang.
  4. Persiapkan alat tulis lebih dari satu sebagai cadangan
  5. Kerjakan dengan tenang dan jujur
  6. Usahakan selalu konsentrasi, lupakan dulu jemuran yang tergantung, lupakan utang yang belum lunas, intinya konsentrasi
  7. kerjakan secara konsisten, karena semua jawaban mewakili diri anda dan tidak ada jawaban yang benar maupun salah.

Kalau dengan tips diatas anda masih saja gagal, jangan pernah putus asa atau merasapunya penyakit psikologi. Ada kemungkinan anda belum cocok dengan kriteria perusahaan tersebut. Jangan mudah menyerah, coba dan coba terus, karena segala sesuatu pasti ada jalan keluarnya. Kalau bahasa dewanya gini “apapun yang diciptakan, pasti ada tujuan. Seperti meja, walaupun cacat dia tetap meja dan akan digunakan selayaknya meja yang lain, kalaupun nggak bisa digunakan sebagai meja, bisa dijadikan kayu bakar sebagai penghangat tubuh dimalam hari ataupun sebagai bahan bakar”.

Selamat berjuang saudaraku, mari sama-sama kita mencapai puncak kesuksesan.

About these ads

4 Comments

  1. oye... said,

    July 30, 2009 at 9:56 am

    tks…besok mau ujian psiko…tks trik dan sarannya…

  2. fir said,

    February 2, 2010 at 9:28 pm

    sangat membantu…haturnuhun

  3. HibiniuMeiJiku said,

    March 6, 2011 at 5:42 pm

    suka artikel ini…

  4. February 15, 2013 at 9:06 pm

    kata orang kesempatan datang sekali. Yang saya alami kesempatan datang terus berulang-ulang, tul gak…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: