Refleksi Bulan November ’08

Bulan November diawali dengan hadirnya dunia baru yang benar-benar baru menurutku. Dunia dimana aku menghadapi kenyataan. Dunia yang kudapat setelah melewati beberapa tahap yang menurutku sangat menguras tenaga dan pikiran. Dunia Kerja.

Aku mulai bekerja di perusahaan =S= pada tanggal 03 November 2008. Tertulis dikontrak yang telah kutandatangani, aku bekerja sebagai sales engineer dan masih harus melewati beberapa evaluasi hingga aku benar-benar diangkat menjadi karyawan tetap mereka. Aku harus melewati masa-masa training selama 1 tahun terhitung sejak tanggal aku mulai menginjakkan kakiku diGedung Ventura, gedung hijau yang terletak di selatan Jakarta, plus 2 tahun masa kontrakku sebagai implementasi dari hasil training yang sudah diberikan.

Masa training tersebut berisi tentang pengenalan perusahaan, pembelajaran K3, produk-produk yang dihasilkan dan ditawarkan kepada konsumen, hingga magang ditiap divisi yang ada. pada tiap-tiap akhir bulan diadakan review singkat kepadaku dan teman-temanku (MT’ers). Kami diberi waktu untuk menyampaikan hasil training yang telah kami dapatkan baik in class maupun pada saat on the job training.

Untuk evaluasi pertamaku tak begitu memperlihatkan hasil yang menyenangkan. Buktinya ketika aku presentasi didepan dewan direksi, aku masih terlihat grogi. Materi yang kusampaikan tidak benar-benar kukuasai sehingga ketika mereka melemparkan berbagai pertanyaan mendasar, aku tak mampu menjawabnya. Benar-benar hari pembantaian. Sama seperti sidang pendadaran yang kualami dulu ketika aku masih kuliah, hanya bedanya dulu dosen menanyakan dengan senyum ramah sedangkan saat ini, para user menanyakanku dengan konsentrasi penuh dan menatap tajam-tajam kedua bola mataku. Huaaa, materi yang kukuasai malam sebelumnya mendadak hilang seketika. Ingin rasanya membuang muka saat beberapa pertanyaan tak bisa kujawab.

Satu kesalahan fatalku, aku mengulang kebiasaan kuliahku dengan menganggap enteng hari evaluasi tersebut. Aku menyiapkan segala sesuatunya dalam waktu semalam dengan materi yang tidak bisa dibilang sedikit. Hanya orang bodoh yang mengulang kesalahan yang sama dua kali. Aarrrrgggghhhh

Sudahlah…

Saat ini aku masih menjalankan on the job training di divisi service, setelah seminggu sebelumnya berada di divisi tendering, dan minggu depan pindah lagi ke divisi marketing. Untuk divisi tendering atau TC, materi yang diajarkan berupa pemahaman tentang tender dan bagaimana cara memenangkannya, pengenalan lebih lanjut tentang Single Line Diagram dan kemudian diterjemahkan kedalam produk =S=, CREV, DT, BOM, dan masih banya istilah lain yang diberikan. Awalnya sih sulit menerima semuanya, namun lama kelamaan karena partnerku saat itu berasal dari Elektro Power Universitas Indonesia dan dia bersedia mengajarkanku serta menjawab pertanyaan-pertanyaan bodohku, akhirnya sedikit demi sedikit aku pun dapat mengerti dan menerima hal-hal aneh tersebut.

Sedangkan untuk divisi service, aku lebih banyak menerima masukkan berupa pengalaman para senior yang lebih dulu menggeluti dunia sales. Mereka banyak menshare pengalaman mereka dilapangan, menceritakan betapa kejamnya kenyataan. Ada salah seorang mantan sales yang kini menduduki kursi direktur divisi service menceritakan dengan semangatnya kalau dia dulu pernah gagal. Dia adalah orang pertama yang menjual sistem SCADA di indonesia, dan baru menghasilkan setelah dua tahun berjualan sistem tersebut. Dia juga pernah dimaki dan ditertawai para bule hanya karena pada waktu presentasi menggunakan bahasa inggris yang ‘aneh‘. Tapi justru karena kegagalannya tersebut dia bangkit dan menjadi sukses seperti sekarang.

Pelajaran yang bisa kudapat pada bulan November ’08 adalah :

  1. Jangan pernah menganggap enteng masalah, walau sekecil apapun masalah tersebut.
  2. Sebelum presentasi, kuasai dulu materi yang akan dipresentasikan.
  3. Pada saat presentasi, tenangkan pikiran dan fokus pada materi yang ingin disampaikan.
  4. Ketika presentasi, hargailah peserta presentasi dengan cara menatap mata mereka.
  5. Jawablah sebisa mungkin pertanyaan yang diajukan peserta, karena itu akan memberikan nilai plus dimata mereka.
  6. Sediakan waktu untuk mengulang kembali materi dasar kuliah, paling tidak  dua jam sehari untuk mengasah otak dan mempertajam ingatan, karena dasar ilmu sangat dibutuhkan untuk menghadapi permasalahan selanjutnya yang kompleks.
  7. Jangan pernah mengulang kesalahan yang sama untuk kedua kalinya, oleh karena itu jadikan masa lalu sebagai pondasi untuk membangun cita-cita, masa kini sebagai tangga untuk meraih cita-cita, dan masa depan sebagai hadiah yang indah untuk cita-cita kita.

14 Comments

  1. cdqhk said,

    December 17, 2008 at 7:05 am

    Itu kesimpulan awal mu aja dah salah Ngga..!
    mbok sing teliti ta…

    “Pelajaran yang bisa kudapat pada bulan November ‘09 adalah :”
    wong judule wae 08 kok kesimpulane 09…hehehehe..

    O iya, maaf kemaren sore. aku ga tau je kalo kamu mau ikut ke SGBK. aku taunya malah dari arjo..

    wis, ndang belajar meneh wae..
    biar sukses MT nya..!!

    semangat..!!

  2. justrangga said,

    December 17, 2008 at 9:44 am

    hehehe, iyo yo…
    sorry sorry maap maap, saiki wes tak edit kok…😀

    niatku nulis cuma mo sharing aja kok diq, biar orang lain bisa belajar dari kesalahanku, itu aja…

    iyo, nonton gakngejak2, tp gpp dink, aku tetep nonton kok ng tipi kos… hehe…
    gimana, keadaan senayan pasca kekalahan? rusuh ra?

  3. cdqhk said,

    December 17, 2008 at 12:56 pm

    aman..!!
    tapi aku sempet nyasar..!
    harusnya ke istora, malah ke JCC..!
    wekekekekekekek..
    dasar cah ndeso ki yo koyo ngene iki..

  4. HaYu TYaS UTaMi said,

    December 18, 2008 at 11:11 am

    hmmm..sekarang udah bulan desember kak..
    refleksi desember dunk..
    hehehe..
    blogmu udah tak link..

  5. justrangga said,

    December 18, 2008 at 2:07 pm

    @cdqhk -> hahaha, makanya laen kali tanya Fauzi Bowo dong tuk jakartanya, biar gak nyasar, hehehe…

    @HaYu TYaS UTaMi -> lha kan bulan desember belum selesai, jadi belum komplit pelajaran bulan desember yang dbisa dipetik… thanks dah di add linknya…

  6. cdqhk said,

    December 18, 2008 at 5:06 pm

    o iya Ngga..
    diajak Ema atw Meti buat beli kado ke “brother land” ga?
    aku diajak je, tapi males kalo ga ada temen cowoknya..

    HaYu TYaS UTaMi-> salam kenal mbak…

    piss Jo..!!

  7. arjo wae said,

    December 19, 2008 at 12:45 am

    @ Rangga : Ngga aku minta Refleksi bulan Januari 2009! Ups salah, kalo bulan Januari 2009 berarti Prediksi ya! hehehe…

    @ Sidiq : Maksudmu opo le???

    @ Hayu : Hi… *kabur* (hahaha…)

  8. justrangga said,

    December 19, 2008 at 3:59 pm

    @ cdqhk -> beres pak, kamu berangkat aku berangkat, ikut aja pokoknya

    @ arjo wae -> yah, anak kuliahan juga tau refleksi tidak sama dengan prediksi…pasti masnya masih kuliah ya?? ketauan…😀

  9. cdqhk said,

    December 22, 2008 at 11:13 am

    @ rangga -> jumat kemaren aye ke Point Square, ketemu Juned, Riza ma Meti. eh, tau2 gerombolan Tomang lewat..!! ada Anes, Ronald, Mbak Nani, Iwe, Made ma satu lagi temen mereka..!! seru euy..!! seneng bisa kumpul lagi, hehehe..
    kamu kemana?
    kerja?
    walah..walah..urip kok kerjo terus.!!hahahahahahaaha…piss..

    @ arjo -> maksudku, ben koe lancar..!!hahahahahahahahaha…

  10. alfaroby said,

    January 7, 2009 at 5:36 pm

    8. jangan cepat menyerah, hadapai semua pasti bisa

    9. berdoa jangan pernah lupa

  11. January 7, 2009 at 9:35 pm

    10. Jangan banyakan ngomong! hehehe…

  12. justrangga said,

    January 8, 2009 at 4:19 pm

    10. & 11. -> jangan berantem dong. “INGAT, INI 2009 BUNG!!”

  13. cdqhk said,

    January 13, 2009 at 8:58 am

    8, 9, 10, 11, 12…!!
    yes aku nomer 13..!!!horee…!!

  14. Guimms said,

    January 14, 2009 at 4:45 pm

    Interesting.

    Our SCADA project: redes industriales

    Regards.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: