Refleksi Bulan Desember ’08

Bulan Desember ditandai dengan OJT lanjutan di divisi Service. Menindak lanjuti proyek yang sekarang sedang dikerjakan dan membutuhkan dokumen sertifikasi tiap-tiap kerjaan. Dokumen tersebut antara lain Quality Assurance dan Quality Control yang selama ini pihak =S= tidak pernah menyediakan dokumennya sama sekali. Saat pertama kali diberikan tugas tersebut, saya pribadi sempat nggak dong apa yang harus saya kerjakan. Nggak tanggung-tanggung, dari total 10 hari jatah OJT disana, 7 hari saya nganggur dan tidak mengerjakan apa-apa selain ngenet dan menghabiskan milo hangat, :p. Kesalahannya, saya dan tim tidak bertanya ke mentor tentang tugas tersebut, hingga akhirnya dihari ke-8 dengan memasang muka bodoh kami beranikan bertanya, hahaha, bener-bener bodoh… Ternyata dalam pandangan mereka, ketika tidak ada yang bertanya, dianggapnya sudah ngerti, dan kesalahannya kami masih terbawa budaya kampus yang masih malu bertanya kalau nggak kepepet, hehehe... walhasil selama 2 minggu disana kami hanya menghasilkan 1 dokumen, yaitu dokumen standarisasi welding, yang jelas-jelas diluar lingkup pengetahuan kami. Walau hasilnya berantakan, tapi kami tetap ingin membuktikan bahwa kami bisa memberikan yang terbaik bagi perusahaan. Hmm…

Minggu berikutnya, sesuai jadwal yang telah diatur, kami melanjutkan OJT di divisi Marketing. Disini kami diajarkan betapa pentingnya strategi pemasaran, mulai dari cara membaca situasi pasar, segmentasi pasar, sampai membuat bisnis plan ketika ada produk baru yang akan dilaunching. Harapannya, ketika suatu saat kami dilepas kelapangan, kami dapat survival dan membaca keinginan pasar, sehingga hasil penjualan kami dapat maksimal.

Pelajaran yang dapat dipetik di bulan desember ’08 ini yaitu :

  1. Malu bertanya sesat dijalan, banyak bertanya kapan kerjanya… hehehe…
  2. Mulailah semua pekerjaan dengan ikhlas dan diiringi niat yang tulus.
  3. Usaha berbanding lurus dengan hasil
  4. Memahami orang lain itu sangat penting, tidak hanya dalam pertemanan, melainkan dalam dunia bisnis pun sangat diperlukan etika tersebut.

3 Comments

  1. anasyusuf said,

    January 21, 2009 at 8:38 am

    heheeh…jangan buka2 aib di internet ngga😀
    trus jangan sebut merk juga…ini kalo yang baca mentor,,repot juga😀

  2. justrangga said,

    February 1, 2009 at 3:05 pm

    iya sih, tapi kan gak semua orang ngerti =S=, iya kan? hehehe…

  3. nawara said,

    April 14, 2009 at 1:59 am

    tapi mentor mu mungkin iseng googling namamu plus masukin simbol ini =S=, iya kan?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: